Resume Start Up

 Imam Rafii Al Dzakwan

 05111840000067

 

Short Summary:

Start-Up adalah sebuah drama Korea yang bercerita tentang perjalanan membuat start up dari nol. Film Start-Up berputar pada dua tokoh utama, Seo Dal Mi dan Seo In Jae. Mereka merupakan adik kakak dari orang tua yang telah bercerai. Ketika bercerai, Dal Mi tinggal bersama ayahnya yang menjadi wirausaha, dan In Jae tinggal bersama ibunya dimana ibunya menikah dengan pengusaha kaya dan merubah Namanya menjadi Won In Jae. Dengan pisahnya kehidupan mereka, Dal Mi dan In Jae semakin menjauh dan tidak sepandangan lagi.

In Jae tinggal bersama ibunya dan berpindah ke Amerika dengan ayah tiri barunya. In Jae hidup dengan mewah dan melanjutkan pendidikannya di University of Pennsylvania, di ilmu memanajemen bisnis. Kehidupan Dal Mi berbeda jauh dibandingkan dengan In Jae. Dengan meninggalnya ayah kandungnya, Dal Mi hidup sederhana bersama dengan neneknya tanpa penghasilan yang berarti. Dal Mi yang berhenti kuliah mencari nafkah dengan cara apa pun yang ada, termasuk menjadi montir hingga kurir barang. In Jae memiliki hubungan yang sulit dengan ayah tirinya, yang mengecilkan kesempatannya di perusahaan ayah tirinya dalam jangka panjang. Dal Mi juga kesulitan mendapatkan pekerjaan sebagai karyawan dikarenakan tingkat pendidikannya yang putus kuliah.

Selain itu, terdapat startup yang didirikan oleh seseorang bernama Nam Do San. Seorang medalis olimpiade matematika. Startupnya berjalan di bidang AI bernama Samsan Tech. Meskipun dia sudah menghabiskan hartanya dan berjuan di perusahaannya ini. Samsan Tech masih belum bisa lolos ke Perusahaan Sand Box.

Ketiga tokoh tersebut akan berkompetisi di event Sand Box, dimana mereka akan bertemu dengan Han Jip Pyeong, seorang Investor ternama. Mereka sama - sama berkompetisi untuk mendapatkan funding dan mentor dari Sand Box. Dal Mi dan In Jae berhasil menjadi CEO startup mereka. Pada akhirnya Nam Do San dan Startupnya bergabung dengan tim Dal Mi menjadi Samsan Tech. Sementara itu In Jae membentuk start upnya sendiri yaitu Jae Corp. Kedua perusahaan bersaing, karena keduanya merupakan startup di bidang AI.

Setelah perusahaan Samsan Tech memenangkan event Sand Box ini, dan mulai membahas kontrak dengan sebuah perusahaan besar, 2STO. Karena kelalaian dan tidak menunggu Ji Pyeong, akhirnya perusahaan 2STO malah mendapatkan hak akuisisi terhadap Samsan Tech dan 2STO mengambil Do San, Chul San, dan Yonh San kedalam mereka. Kontrak ini pun terlanjur menjadi terikat selama tiga tahun.

Tiga tahun kemudian, mereka semua berhasil keluar dari kontrak tersebut di mana Nam Do San dan kedua temannya tersebut, Kembali bekerja sama bersama dengan dua kakak beradik Dal Mi dan In Jae membentuk sebuah proyek baru lagi bernama Tarzan dan memenangkan lomba Tender internasional. Cerita berakhir dengan kesuksesan mereka. 

Pelajaran berharga  yang dapat diambil dalam drama start up ini :

- Belajar mencoba hal baru dan berani ambil resiko

    Start Up mengajarkan Seo Dal Mi dan timnya, menang dan kalah adalah hal biasa. Hal terpenting adalah pengalaman. Terlihat pada episode 15 Start Up, Cheonmyeong Company yang mengikuti tender (ajang mencari tawaran mitra kerja sama) di bidang kemudi secara otomatis. Modal percaya diri dan berani, tak disangka Cheonmyeong Company berhasil merebut tender tersebut.

- Berusaha semaksimal mungkin dan pantang menyerah

    Berperan sebagai wanita mandiri, dua kakak beradik, Seo Dal Mi dan Seo In Jae menunjukkan kuatnya mereka dalam mengejar mimpi. Walaupun menjadi bagian dari keluarga kaya, In Jae tidak patah semangat untuk meraih kesuksesan dalam bidang bisnis tanpa koneksi dari keluarga Ayahnya. Ia melakukan banyak cara untuk meraih koneksinya sendiri.

 Temuilah Mentor yang ahli

    Tak dapat dipungkiri, sosok Ji Pyeong sangat berpengaruh pada berkembangnya Samsan Tech. Pada pemilihan mentor tiap perusahaan, Dal Mi memilih Han Ji Pyeong sebagai mentor Samsan Tech. Terlihat dari progres yang dimiliki Samsan Tech, meskipun kerap kali mendapat kritikan pedas, Samsan Tech berhasil menjuarai berbagai kegiatan program Sandbox.

Memiliki sosok mentor yang ahli sangat berpengaruh pada kinerja perusahaan. Tidak hanya mengarahkan perusahaan terkait pengambilan keputusan, serta memberi pengetahuan dalam dunia bisnis, bahkan mentor yang ahli di bidangnya dapat menjadi support system suatu perusahaan.

- Teamwork merupakan kunci sukses perusahaan

    Pelajaran berharga selanjutnya dari Start Up adalah team work. Start Up memberi tahu para penikmat bisnis bahwa support system dalam suatu tim perusahaan sangat berpengaruh pada berkembangnya perusahaan. Memiliki orang yang berkompetensi tentu akan membuat tim bisnis menjadi lebih sulit. Seperti pertemanan solid antara Samsan Tech dan mentornya, Han Ji Pyeong, serta Samsan Tech dengan Seo In Jae.

Comments

Popular posts from this blog

Review JIRA Software